6 Cara Mendapatkan Penghasilan Melalui Blog

Tidak bisa dipungkiri perkembangan website sudah terpengaruh sejak pesatnya perkembangan YouTube di tahun 2006. Banyak pemain Blogger berbondong-bondong ke platform tersebut, namun sebagian lainnya yang masih antusias dengan manisnya blog tetap berusaha untuk bertahan. Ada juga blogger lain yang ikut mengembangkan kedua platform tersebut.


Apakah blog Anda masih menjanjikan hari ini?

Padahal, apapun itu, asalkan rajin dan konsisten pasti akan membuahkan hasil. Bangun blog dengan cara yang sama. Meluncurkan blog tidak bisa langsung dilakukan, butuh proses dan ketekunan. Mereka tidak mendapatkan apa yang mereka harapkan.

Lalu dari mana penghasilan blog berasal?

iklan

Hingga saat ini, pendapatan terbesar dari blog masih berasal dari iklan. Tentu saja, situs periklanan utama untuk blogger adalah AdSense. Situs periklanan milik Google ini membayar semua penerbit mitra.

Sebenarnya banyak sekali situs penyedia iklan yang siap menjadi mitra blog, namun tentunya masing-masing situs tersebut memiliki syarat dan kebijakan yang berbeda-beda. Situs yang dapat disebutkan oleh administrator meliputi:

  • MGID
  • IklanSekarang
  • Iklan Baling-Baling
  • Chichica,
  • Yllix, dan
  • Adsterra.

Padahal, masih banyak situs periklanan yang bisa Anda gunakan untuk memonetisasi blog Anda. Diskusi individu mengenai situs periklanan ini akan dibahas satu per satu di masa mendatang.

ulasan produk

Banyak teman blogger lain menyarankan agar Anda membuat blog hanya di satu niche. Artinya, jika blog Anda terkait bisnis, maka seluruh konten postingan Anda harus terkait bisnis. Misalnya, jangan mengisi blog yang sedang Anda diskusikan tentang bisnis Anda, seperti download film atau streaming film.

Salah satu keuntungan dari blog yang fokus hanya pada satu niche adalah kemungkinan mendapatkan tawaran untuk meninjau item dan layanan. Tulis saja review dan Anda akan dibayar sesuai kontrak yang Anda buat nanti.

Selain menerima pembayaran, keuntungan lain yang Anda dapatkan adalah Anda dapat menggunakan produk dan layanan yang telah direview. Keuntungan lain, tentu saja, adalah meningkatkan jumlah posting blog.

afiliasi

Familiar dengan istilah affiliate atau affiliasi adalah menjual atau mempromosikan produk orang lain di blog anda melalui banner atau artikel.

Cara kerjanya adalah Anda mendapatkan komisi ketika Anda melakukan pembayaran setelah pengunjung blog Anda mengklik link afiliasi yang disediakan oleh blog Anda.

Ada banyak situs yang menawarkan link afiliasi baik domestik maupun internasional. Untuk Indonesia sendiri bisa dicoba di Lazada.

Penjualan Produk

Salah satu kunci untuk membangun sebuah produk adalah membuat blog niche berdasarkan keahlian, hobi, dan minat Anda. Nilai positifnya adalah Anda tahu lebih banyak tentang apa yang Anda bicarakan. Selain itu, blog yang Anda kelola dapat digunakan untuk menyediakan produk dan layanan.


Alih-alih menjual produk orang lain, mengapa tidak menawarkan keahlian Anda? Misalnya, situs Anda membahas tutorial pengeditan video sebagai pengamat postingan dengan memasukkan penawaran layanan pengeditan video.

Sebagai contoh lain, blog menyertakan tutorial pengoptimalan desain blog, sehingga Anda juga dapat menawarkan layanan desain ulang template blog atau menjual template blog. Ada banyak produk dan layanan yang dapat ditawarkan melalui blog. Menjual produk dan layanan yang sesuai dengan topik blog Anda akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan membuat Anda terlihat lebih kompeten.

Konten premium

Bagi Anda yang sudah profesional, blogging dengan konsep premium terbukti sangat efektif dalam meningkatkan penghasilan Anda.

Pengguna internet, terutama sesama blogger, paling sering mencari tutorial SEO. Ini tentu kabar baik. Terutama bagi mereka yang berpengetahuan luas di bidang ini.

Anda tinggal membuat artikel tentang SEO di mana Anda membacanya, pengunjung harus mendapatkan akses premium ke blog Anda. Petunjuk untuk ini adalah membuat artikel yang benar-benar layak dibayar. Pelanggan ragu untuk berlangganan ketika mereka membuat konten secara acak.

Cara lain adalah dengan membuat alat web untuk mendapatkan fitur profesional yang dibutuhkan pengguna untuk mendaftar sebagai akun premium. Metode ini banyak digunakan oleh orang-orang yang ahli dalam bidang ini.

Oleh karena itu, artikel tentang cara menghasilkan uang melalui blog. Padahal, masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sumber keuangan rupiah. 

No comments for "6 Cara Mendapatkan Penghasilan Melalui Blog"