Alasan Memulai Blogging dan Tips Membuat Blog untuk Pemula

Alasan memulai blog dan tips memulai blog untuk pemula

Blogging bisa sangat masuk akal bagi banyak orang karena berbagai alasan. Blogging bukan hanya tentang kebutuhan bisnis. Anda bisa mendapatkan keuntungan finansial, profesional dan pribadi dari blog Anda, terutama jika menulis adalah salah satu hobi Anda.

Manfaat dan Alasan Membuat Blog

Berikut adalah beberapa alasan kuat mengapa Anda harus memulai sebuah blog.

Membuat blog itu mudah

Memulai dengan blogging sangat mudah. Anda dapat meluncurkan dan menjalankan blog Anda hanya dengan beberapa klik. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih penyedia hosting web, menentukan domain Anda, dan menggunakan fitur aplikasi Anda.

Setelah menginstal WordPress, Anda dapat mengaksesnya, dan Anda sudah memiliki blog sendiri. Anda dapat memilih blog gratis, tetapi jika Anda berencana untuk menghasilkan uang di blog Anda, Anda harus memiliki domain dan menyiapkan hosting sendiri. Baca artikel kami tentang menghasilkan uang dari blog.


Tidak diperlukan keterampilan teknis

Seperti disebutkan di atas, langkah-langkah untuk memulai dengan blog Anda sendiri mudah dan cepat. Selain itu, Anda tidak memerlukan banyak keterampilan teknis untuk membuat blog. Membuat blog dengan mengikuti panduan langkah demi langkah tidak menyebabkan masalah serius.

Menarik penonton

Blog memungkinkan Anda untuk menarik banyak orang yang menggunakan Internet. Blog dapat membantu Anda mempromosikan diri atau bisnis yang Anda jalankan. Blog sangat berharga dan bisa menjadi cara untuk menarik pemirsa. Dengan membuat blog yang berharga, Anda dapat menarik pemirsa dan perlahan mengubahnya menjadi pelanggan, mitra, teman, dan banyak lagi.

Baca juga: Cara migrasi dari Blogger ke WordPress

Biro Perumahan dan Arsitektur

Memiliki blog dan menulis tentang topik penting yang terkait dengan audiens Anda memberi Anda otoritas di bidang itu. Ini meningkatkan citra profesional Anda. Blog, seperti kartu nama di tahun 1990-an, menjadi fitur profesional di tahun 2000-an. Blog telah menjadi jenis kartu nama baru.

Anda dapat menulis blog dari mana saja

Salah satu hal hebat tentang menjalankan situs web adalah Anda dapat bekerja dari mana saja. Anda bisa ngeblog di rumah, di warnet, atau saat liburan. Bahkan ada blogger yang bekerja di mana saja. Tentu saja, blog mereka berfokus pada perjalanan, tetapi blogger lain dapat menjalankan blog mereka saat liburan atau dalam perjalanan.

Blogging meningkatkan keterampilan menulis

Keuntungan lain dari blogging adalah semakin banyak Anda menulis, semakin Anda menjadi seorang penulis. Banyak blogger yang sudah menjadi penulis yang baik, tetapi beberapa blogger, bahkan blogger yang sukses, bukanlah penulis yang baik. Melalui blogging, mereka meningkatkan keterampilan menulis mereka.

Semakin lama dan semakin sering Anda melakukan sesuatu, Anda akan semakin baik. Jadi, apakah Anda seorang penulis yang baik atau tidak pandai menulis, blogging secara teratur akan meningkatkan kualitas tulisan Anda.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Blogger Makanan

Cashback Dewaweb 30%

Berbagi pengetahuan

Mungkin Anda tahu banyak tentang topik tertentu, dan jika demikian, blogging adalah cara yang bagus untuk berbagi pengetahuan Anda dengan orang lain. Bahkan blog adalah sumber informasi yang berguna bagi sebagian orang tentang topik tertentu.

Misalnya, ada blog yang memuat ulasan produk elektronik yang membantu konsumen menemukan produk terbaik, dan panduan cara menggunakan produk tersebut. Jika Anda seorang ahli produk elektronik, Anda dapat menggunakan keahlian ini di blog Anda.

Akibatnya, ini dapat membantu banyak orang membuat keputusan yang lebih baik saat membeli produk tertentu.

Meningkatkan penjualan

Menambahkan blog ke bisnis Anda adalah cara yang ampuh untuk menumbuhkan merek Anda dan membangun kepercayaan dengan pelanggan Anda. Tentu saja, merek yang kuat dan andal memiliki lebih banyak penjualan. Tapi itu bukan satu-satunya cara blogging dapat membawa lebih banyak penjualan ke bisnis Anda.

Blog adalah cara yang bagus untuk mendapatkan dan berbagi tautan di media sosial dari situs lain, dan untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web bisnis Anda. Semakin banyak lalu lintas situs web Anda, semakin banyak pembeli yang Anda dapatkan dan semakin banyak penjualan yang Anda hasilkan. Kami juga tahu strategi untuk meningkatkan lalu lintas blog yang akan membantu Anda.

Baca juga: Tips dan Kesalahan Blog yang harus dihindari blogger pemula

Awal dari karir menulis

Melalui blogging, ada banyak blogger yang menulis buku dan menulis pekerjaan di situs web besar. Ini adalah bukti bahwa blogging sangat kuat saat ini.

Sebelumnya, jika Anda ingin menjadi penulis, Anda biasanya harus memiliki gelar sarjana, dan jika Anda ingin menulis buku, Anda harus cukup beruntung untuk menemukan penerbit atau mengenal seseorang di industri ini. Sekarang di blog Anda dapat menunjukkan tulisan Anda kepada siapa pun, membuat audiens, dan membuktikan bahwa Anda dapat menulis dengan baik karena Anda sudah memiliki audiens untuk tulisan Anda.

Menciptakan peluang

Blogging dapat menghasilkan bisnis dan lalu lintas lainnya yang menciptakan peluang. Misalnya, orang yang menemukan Anda di blog Anda akan menghubungi Anda untuk berbicara di acara tersebut. Blog memungkinkan siapa saja yang berkepentingan untuk diidentifikasi sebagai ahli.

Mengorganisir dan mempelajari ide

Blog memberi tahu Anda apa yang tidak Anda ketahui dan memaksa Anda untuk mengungkapkan apa yang Anda ketahui. Ketika Anda mulai menulis posting blog, Anda dipaksa untuk mengatur pikiran Anda.

Jika ada kesenjangan dalam topik yang Anda tulis, Anda perlu mempelajarinya. Menulis dan mengungkapkan ide adalah cara untuk menginternalisasi apa yang telah Anda pelajari dan alami. Menulis membantu Anda menjadi lebih akrab dengan topik yang Anda tulis.

Baca juga: Alat: Analisis media sosial gratis untuk blogger dan influencer

Bagikan cerita Anda

Blogging memungkinkan Anda untuk menjadi perusahaan media Anda sendiri. Anda dapat membagikan cerita Anda sesuka Anda tanpa harus bergantung pada jurnalis. Ketika Anda menulis sendiri tentang topik yang menarik minat Anda.

Anda dapat memutuskan cara merekam cerita, informasi apa yang akan disertakan, dan informasi apa yang akan dihapus. Anda dapat menggunakan blog untuk melihat semua fakta yang terdapat dalam sebuah blog.

Bertemu orang baru

Audiens yang Anda dapatkan dari blog Anda tidak harus audiens Anda. Mereka bisa menjadi teman, kolega, mitra, atau orang lain. Banyak orang bertemu setelah membaca blog Anda. Beberapa dari orang-orang ini mungkin teman atau rekan bisnis Anda.

Menjadi terlihat

Hanya 1% pengguna internet yang aktif membuat konten baru, dan 99% lainnya hanya membacanya. Dengan menulis blog, Anda dapat memisahkan diri dari kelompok 99% ini. Menjadi "terlihat" penting dalam ekonomi yang semakin kompetitif.

Baca juga: Cara memindahkan Blogger ke WordPress yang dihosting sendiri

Untuk mendapatkan uang

Jika Anda memiliki banyak pembaca, Anda memiliki kesempatan untuk memonetisasi blog Anda. Dalam situasi ekonomi saat ini, memiliki sumber pendapatan tambahan sangat menguntungkan.


Jika Anda bekerja kurang dari yang Anda harapkan, atau hanya ingin meningkatkan penghasilan Anda, kami sarankan untuk menggunakan blog. Penghasilan yang Anda peroleh dari blog Anda bisa bersifat pasif. Artinya, mungkin otomatis atau mungkin tidak berhubungan langsung dengan waktu yang diberikan.

Panduan untuk memulai dengan blog

Jadi Anda ingin memulai blog sekarang, tetapi tidak tahu bagaimana memulainya? Ada banyak informasi di internet dan banyak saran untuk melakukan berbagai hal, semuanya membingungkan. Berikut adalah panduan sederhana dan mudah dipahami.

Ada empat langkah utama yang perlu Anda ambil untuk memulai dengan blog Anda. Ikuti panduan ini dan 4 langkah untuk membuat blog Anda sendiri dalam waktu kurang dari 30 menit.

Langkah-langkah untuk memulai blog:

Pilih platform blog favorit Anda

Pilih cloud hosting murah untuk blog Anda. Anda dapat memilih layanan hosting tercepat atau hosting gratis dari Dewaweb dengan backup cloud dan sertifikat SSL.

Siapkan blog untuk domain Anda

Desain blog

Baca juga: Cara mendapatkan peringkat pertama di Google

Pilih platform blog favorit Anda

Memilih platform adalah hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat blog. Anda dapat menggunakan WordPress, platform terbesar di dunia. Ada lebih dari 82 juta pengguna WordPress aktif.

Namun, ada opsi lain, seperti:

Blogger – Terbaik setelah WordPress.

Tumblr – Kombinasi blog dan jejaring sosial. Menarik dan sangat mudah digunakan.

WordPress lebih besar dari keduanya, tetapi alasan menggunakan WordPress adalah:

Mudah diatur dan gratis

Banyak tema dan tata letak gratis

Ada banyak forum dukungan jika terjadi kesalahan

Orang dapat dengan mudah berinteraksi dengan Anda. Anda dapat berbagi dan mengomentari konten Anda.

Hosting sendiri atau gratis?

Ini adalah keputusan terbesar yang perlu Anda buat sebelum melanjutkan. Cara berikutnya untuk memulai sebuah blog adalah memutuskan apakah akan membayar untuk blog atau memilih yang gratis. WordPress, Tumblr, dan Blogger semuanya menawarkan blog gratis. Ini bagus untuk orang-orang yang tidak terlalu serius tentang blogging. Namun, ada kekurangannya.

Anda tidak dapat memiliki nama domain sendiri. Untuk blog gratis, alamat web (URL) blog biasanya tidak menarik. Buat blog gratis yang berisi layanan blog dan nama domain di atas: myblog.wordpress.com, myblog.blogspot.com, atau myblog.tumblr.com

Blog gratis memiliki batasan. Anda tidak akan dapat memonetisasinya sepenuhnya, dan Anda mungkin tidak akan dapat mengunggah semua video dan gambar yang ingin Anda tampilkan. Semuanya dibatasi dan Anda bahkan tidak memiliki akses ke tema gratis yang ditawarkan oleh WordPress.

Anda tidak memiliki blog Anda sepenuhnya. Ini mungkin terdengar konyol, tetapi saya tidak benar-benar memiliki blog sendiri. Blog Anda dihosting di situs web orang lain dan mereka dapat menghapusnya kapan saja. Ini berarti bahwa semua kerja keras di blog Anda akan hilang dalam hitungan detik.

Di sisi lain, jika Anda menggunakan blog yang dihosting sendiri dan nama domain Anda sendiri, Anda menjadi pemilik blog yang sebenarnya. Anda dapat memberi nama apa pun pada blog Anda, seperti namaanda.com atau blogtop.com. Anda dapat mengeditnya di .com, .co.uk, .net, .org, atau akhiran web lainnya. Juga, video dan foto memiliki bandwidth tak terbatas.

Baca juga: Cara menggunakan Pinterest untuk meningkatkan lalu lintas blog

Mulai blog di domain Anda sendiri (jika Anda memilih hosting sendiri dan domain khusus)

Jika Anda masih bingung apa itu self-hosted blog, berikut penjelasan dan cara membuat blog sendiri.

Anda harus memilih nama domain yang Anda suka, dan juga perusahaan hosting yang dapat meng-host blog Anda.

domain. Domain pada dasarnya adalah URL situs web Anda. Misalnya, google.com (Google.com adalah domain Anda), Facebook.com (Facebook.com adalah domain Anda).

Hosting. Hosting adalah perusahaan yang menempatkan situs web Anda di Internet sehingga siapa pun dapat melihatnya. Semuanya disimpan di sana. Ini seperti hard drive komputer di internet tempat blog Anda disimpan.

Desain blog WordPress

Buat blog Anda seperti yang Anda inginkan. Untuk memilih tema baru, buka Penampilan> Tema untuk menginstal tema WordPress gratis, atau buka tema premium di situs web Anda untuk membeli tema. Anda dapat memilih salah satu yang profesional dan mudah disesuaikan. WordPress juga memiliki fitur ini yang memungkinkan Anda mengubah tema hanya dengan beberapa klik.

Jadi jika Anda bosan dengan template blog Anda saat ini, Anda dapat menggantinya dengan template lain tanpa kehilangan konten atau gambar apa pun. Ingatlah bahwa desain blog Anda harus mencerminkan tidak hanya kepribadian Anda, tetapi juga konten blog Anda. Jika blog Anda tentang tenis, tidak ada hubungannya dengan menampilkan tema sepak bola, bukan?

Jika Anda ingin orang datang, blog Anda juga harus mudah dinavigasi. Jika tidak, orang tidak akan bisa bersantai di blog Anda. Desain adalah seni subjektif, artinya setiap orang menyukai hal yang berbeda. Tetapi tidak ada yang menyukai web yang buruk, juga tidak menyukai web, yang sulit dinavigasi. Permudah audiens Anda.

Baca juga: Cara Membuat Blog dan Mengapa Anda Membutuhkannya

Kesalahan Blogger Pemula dan cara memperbaikinya

Sebelum melanjutkan dengan blogging, Anda perlu menyadari beberapa kesalahan umum saat memulai sebuah blog.

Musik otomatis

Blogging musik otomatis tidak hanya mengganggu, tetapi juga mempengaruhi bandwidth. Musik otomatis memperlambat blog Anda. Apakah Anda ingin kehilangan pembaca karena mereka tidak ingin menunggu situs Anda dimuat? Dan setelah menunggu situs Anda dimuat, apakah mereka frustrasi atau terkejut karena pengeras suara mereka keras dan mereka tidak tahu bahwa mereka akan mendengarkan musik? Anda dapat berasumsi bahwa mereka tidak akan kembali ke blog Anda.

Gunakan desain pada latar belakang gelap dan teks cerah

Masalah ini bukan tentang estetika, tetapi tentang kegunaan dan keterbacaan konten. Membaca teks online lebih sulit dilihat daripada membaca surat tradisional. Menggunakan latar belakang gelap dengan teks berwarna terang dapat membuat mata Anda lebih sulit untuk membaca.

Gunakan kata "klik di sini" alih-alih frasa kata kunci tautan

Pilih kata-kata di tautan dengan hati-hati. Jika Anda perlu menyertakan tautan saat menulis pos, pertimbangkan cara menulis teks dan di mana harus menyertakan tautan. Misalnya, manakah dari kalimat berikut yang lebih efektif?

Kami dapat membantu Anda menemukan informasi tentang host blog paling populer.

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang blog yang dihosting.

Kalimat pertama lebih efektif karena membantu SEO dan mengandung frase kata kunci yang lebih deskriptif untuk pembaca. Kata "klik di sini" atau "di sini" menautkan ke halaman lain di satu tempat di web.

Baca selengkapnya: Tips SEO: Strategi Konten Pemasaran Visual 2020

Memilih nama blog yang tidak menarik atau berlebihan

Saat Anda memulai sebuah blog, anggap serius judulnya, jangka panjang atau tidak. Hindari kata-kata yang terlalu umum. Tujuannya adalah untuk membuat Anda menonjol. Pilih nama kreatif yang tidak hanya mencerminkan kepribadian dan niche Anda.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menamai blog Anda:

Apakah judulnya fleksibel? Bisakah nama yang Anda pilih menumbuhkan niche Anda? Misalnya, jika Anda memulai blog tentang kehamilan dan judul blog yang Anda pilih adalah Perut Hamil, bagaimana jika Anda terus menulis blog selama 18 bulan dan Anda tidak hamil lagi? Fokus keseluruhan blog telah berubah, tetapi judulnya tidak mencerminkan topik.

Apakah judul mencerminkan topik blog? Judul adalah cara yang bagus untuk meningkatkan SEO jika Anda memilih kata dengan hati-hati untuk mencerminkan niche blog Anda.

Apakah judul yang dipilih cocok dengan nama domain Anda? URL harus sesuai dengan nama blog Anda. Jika blog Anda bernama The Nelson Three, tetapi URL-nya maxlovespie.blogspot.com, Anda akan bingung dan sulit mengingatnya. Keduanya sangat tidak berhubungan.

Nah, Anda tahu mengapa Anda perlu memulai sebuah blog, bagaimana memulainya, dan kesalahan yang harus dihindari oleh blogger pemula. Nikmati blog baru Anda! 

No comments for "Alasan Memulai Blogging dan Tips Membuat Blog untuk Pemula"