Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Pemula

Tidak ada aturan mutlak untuk blogging. Aktivitas ngeblog tidak selalu serius dan dianggap menyenangkan. Jika tidak, Anda bisa menuangkan semua yang Anda pikirkan ke dalam kalimat yang secara tidak langsung dapat menginspirasi orang lain.

Ngeblog bisa memberikan banyak manfaat. Anda dapat menggunakan blog untuk menyampaikan ide dan pemikiran Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan blog untuk berbagi cerita tentang perjalanan dan pengalaman Anda dengan pembaca. Lihat beberapa alasan Anda perlu membangun blog:

Blog dapat dengan cepat menjadi sarana komunikasi untuk menyebarkan informasi dan berita terpopuler. Mengingat begitu banyak blog online, Anda harus bisa menonjolkan keunikan yang harus ditawarkan blog Anda.

Blog dapat menjadi cara untuk mengekspresikan diri dan berbagi pemikiran tentang topik tertentu.

Anda dapat mengembangkan karir menulis Anda dengan menulis posting blog.

Anda juga bisa mendapat untung dengan memonetisasi blog Anda.

Baca juga: Alasan Memulai Blog dan Tips Membuat Blog untuk Pemula

Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Pemula

Tips menulis blog untuk pemula

Jika Anda memiliki blog sendiri, Anda memiliki kontrol lebih besar atas bagaimana segala sesuatunya dapat dikelola. Mulailah dengan topik, tema, atau ceruk pasar dan jadwalkan pengunggahan artikel hingga detail seperti desain situs web. Namun, untuk tetap menginspirasi pemikiran kreatif, perhatikan tips berikut untuk blog pemula:

Tulis apa yang kamu suka

Apakah Anda suka menulis tentang makanan dan ulasan makanan? Atau apakah Anda ingin berbicara tentang game terbaru? Tapi tunggu dulu, mungkin Anda ingin mengulas film atau buku? Pastikan Anda menyukai niche atau topik apa pun yang Anda gunakan untuk blog Anda.

Blog adalah hasil pengungkapan ide-ide pemiliknya. Jadi pikirkan lagi tentang apa yang Anda tulis di blog Anda. Jika Anda berencana untuk menulis tentang banyak topik, WordPress memungkinkan Anda untuk mengkategorikan jenis tulisan Anda.

Sangat berbeda dari yang lain

Mungkin ada banyak blog lain yang sejenis dengan Anda. Tapi jangan jadikan ini sebagai penghalang. Anda bisa mencari celah untuk menempatkan keunikan blog Anda. Misalnya, jika Anda suka menulis tentang kerajinan, Anda dapat menawarkan modul untuk latihan, atau jika Anda memiliki kemampuan yang cukup, Anda dapat menawarkan kelas online berbayar.

Lakukan riset untuk menemukan blog dengan genre yang mirip dengan Anda, lalu cari apa yang hilang dan berikan keuntungan pada blog Anda. Jika blog saya berisi resep masakan dan tips memasak, dapatkah saya mengundang pembaca untuk berlangganan email bulanan dengan resep khusus? Ciptakan ide-ide unik yang berbeda dari blog lain.

Baca juga: Bisa dijadikan blog tips dan referensi lengkap

"Bicaralah dengan mereka" alih-alih "Bicaralah dengan mereka"

Aset Blog Dewaweb

Itu betul. Saat menulis blog, bicaralah dengan pembaca, bukan pembaca. Ajak pembaca Anda ke wacana yang Anda hadirkan kepada mereka dan buat tulisan Anda lebih "hidup".

Beberapa cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan teks deskriptif yang menggambarkan situasi atau lokasi dengan jelas. Kemudian, jangan lupa untuk memaksakan apa yang Anda rasakan, seperti rasa makanan dan udara yang sejuk. Selain itu, gunakan lebih banyak pernyataan aktif daripada pernyataan pasif.

Konten yang bagus adalah kuncinya

Tempatkan diri Anda pada posisi pembaca. Apakah mereka tertarik dengan tulisan Anda? Jika tidak, mungkin ada beberapa perbaikan awal yang dapat menarik minat pembaca potensial.

Jika Anda bingung, Anda dapat mempelajari 10 nilai berita dan menempatkannya di artikel Anda. Beberapa di antaranya adalah keunikan (keunikan), kedekatan (kedekatan dengan pembaca), konflik (konflik), pengaruh (dampak atau pengaruh), dan kepentingan (minat pembaca). Setelah memahami nilai berita ini, Anda mungkin dapat menerapkannya pada artikel Anda berikutnya.

Baca juga: Panduan lengkap untuk memilih platform blogging terbaik untuk blog Anda

Kemampuan untuk memilih penampilan

Selain menulis, Anda juga perlu meningkatkan kemampuan memilih tampilan visual. Tidak begitu, tetapi gambar yang menarik dan relevan, termasuk posting blog, sangat berguna untuk blogging. Akan lebih sulit bagi pembaca untuk tertarik jika tampilan visual yang menarik tidak mendukung penulisan yang baik.

Jika Anda tidak dapat mengambil foto sendiri, Anda dapat menggunakan foto dari penyedia stok foto gratis seperti Unsplash, atau menemukan foto menarik di Pinterest. Atau bisakah Anda mulai mengasah keterampilan desain dan ilustrasi Anda di komputer?

Baca juga: Strategi yang tepat untuk menghasilkan uang dari blog

Hindari kesalahan ngeblog

Tidak ada yang mutlak ketika menulis blog, seperti apa yang salah atau apa yang benar. Namun, ada beberapa hal yang biasanya membuat para blogger kesulitan untuk meningkatkan popularitas blog mereka dan mengurangi minat mereka terhadap blog target audiens.

Saya tidak tahu target audiens

Salah satu kesalahan blogger pemula yang paling umum adalah tidak mengetahui siapa target audiens Anda. Buat konten tentang berbagai topik dan topik, terlepas dari apakah pembaca Anda tertarik dengan topik atau tulisan tersebut.

Sebelum Anda membuat blog, Anda perlu mengambil gambar seperti apa pembaca ideal Anda nantinya. Tindakan atas minat mereka pada sesuatu, dimulai dari sudut pandang demografis. Ia kemudian meneliti apa yang mereka sukai dan butuhkan dan menjadi "jawaban" atas kebutuhan mereka.

tidak konsisten

Blog tidak konsisten

Blogger jarang memulai blogging dengan antusias, namun seiring berjalannya waktu, antusiasme ini mulai berkurang hingga pembuatan artikel menjadi tidak konsisten atau kualitas konten menurun karena minat yang berkurang.

Ini adalah salah satu kesalahan fatal blogger. Karena itu, saat membuat blog, rencanakan dengan matang untuk masa depan. Atur tugas Anda dengan cara yang realistis sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan. Buat kalender pengeditan bulanan yang berisi kata kunci utama Anda selama beberapa bulan sekaligus.

Baca juga: Blogspot sebagai platform blogging – kelebihan dan tips menggunakannya

Tidak ramah SEO

Dalam hal SEO, ada dua kelompok yang berbeda: blogger yang menulis hanya untuk mesin pencari dan blogger yang tidak peduli dengan mesin pencari sama sekali. Namun, jenis ini juga tidak mutlak, karena Anda dapat mengkategorikan jenis konten ke dalam kategori masing-masing, terlepas dari apakah artikel tersebut cocok untuk SEO.

Jika Anda tertarik untuk menerapkan SEO on-page di website Anda, Anda bisa mulai belajar dari webinar Dewatalks di video berikut tentang SEO on-page dan off-page. Atau, Anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO untuk melihat tingkat kepatuhan SEO artikel Anda.

Hanya tentang penulis

Banyak blogger, baik individu atau bisnis, membuat kesalahan dengan berbicara terlalu banyak tentang diri mereka sendiri. Padahal, pembaca hanya ingin membaca informasi yang berguna dalam kehidupannya. Sederhananya, mereka mencari nilai tidak hanya dari kehidupan sehari-hari Anda, tetapi juga dari tulisan Anda.

Tapi itu tidak berarti Anda tidak boleh memasukkan cerita atau pendapat pribadi dalam artikel Anda sendiri. Tapi jangan berlebihan saat menjelaskan diri sendiri dan membicarakan diri sendiri, kecuali artikel tersebut menjelaskan identitas Anda.

Sama halnya dengan blogging untuk bisnis. Saat membuat blog bisnis, Anda dapat membuat artikel pendidikan, bukan artikel yang berisi topik tertentu yang hanya menjelaskan produk. Pembaca Anda memerlukan informasi pendidikan yang dapat meyakinkan mereka siapa merek Anda dan mengapa mereka harus tertarik dengan produk Anda.

Baca juga: Istilah umum blog dan definisinya yang perlu Anda ketahui

Tidak memiliki ceruk yang kuat

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan blogger adalah memberikan segalanya kepada semua orang. Ada artikel tentang topik kesehatan, resep masakan, film dan resensi buku, serta berpartisipasi dalam permainan dan diskusi politik. Akibatnya, blogging tidak memiliki arah yang jelas.

Karena itu, putuskan niche mana yang akan digunakan terlebih dahulu dan batasi topik diskusi di blog Anda. Namun, bukan berarti Anda hanya bisa menggunakan satu niche saja. Buat topik atau subkategori yang masih relevan dengan ceruk pasar yang Anda tentukan untuk blog Anda

Misalnya, jika blog Anda tentang ulasan makanan, Anda tidak perlu menambahkan topik politik atau investasi sejak dini. Namun, Anda dapat membuat subkategori di blog Anda yang berisi resep untuk pembaca Anda. Jika Anda ingin menambahkan kategori terkait, tingkatkan jumlah kategori secukupnya dan berhati-hatilah agar tidak berlebihan.

Tidak berkomitmen pada proses

Banyak orang yang memasuki dunia blogging percaya bahwa mereka akan memiliki dampak langsung pada bisnis mereka. Visibilitas mesin pencari dan lalu lintas meningkat, dan kemudian mereka menerima banyak uang. Namun tidak seperti iklan bayar per klik, membangun blog memakan waktu, padat karya, dan tidak instan.

Alih-alih hanya menulis, Anda perlu membuat artikel yang berisi kata kunci yang relevan dan menarik. Jangan lupa judul yang menarik. Anda dapat merencanakan dan membuat konten untuk diunggah dalam beberapa bulan sekaligus untuk menguji seberapa besar dampak yang bisa Anda dapatkan.

Baca juga: Strategi Menghasilkan Uang dari Blog

Fokus pada kuantitas, bukan kualitas

Banyak blogger fokus pada kuantitas daripada kualitas, yang dapat menyebabkan kesalahan. Jika blog Anda berisi berita terbaru dan Anda dapat membuat banyak konten ringan dalam waktu singkat, itu mungkin baik-baik saja. Namun, jika Anda mengunggah banyak blog untuk membuat blog yang selalu terlihat up to date, Anda akan mengalami masalah.

Jika tidak, butuh banyak waktu untuk meneliti, mengatur, menulis, dan menambahkan foto untuk meninjau artikel itu sendiri. Tak perlu dikatakan, jika Anda perlu waktu untuk beristirahat dan berpikir. Selain itu, terlalu banyak artikel dengan kualitas di bawah standar akan menghasilkan rasio pentalan yang tinggi dan tidak cocok untuk situs web.

Teks yang tidak menarik

Blogger memiliki tujuan yang sama dengan penulis lainnya. Yaitu untuk mendapatkan dan mempertahankan pemimpin. Namun, ada satu cara untuk menjauhkan pembaca potensial dan setia dari blog Anda. Dengan kata lain, tulis kalimat yang tidak menarik. Kesalahan ini tidak hanya membuat artikel sulit dibaca dan tidak menyenangkan, tetapi juga mengaburkan pesan yang disampaikan hingga akhirnya pembaca meninggalkan blog.

Tidak hanya judul yang menarik, tetapi juga struktur yang rapi, tanda baca dan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan akurat, serta tata bahasa yang mudah dipahami, sehingga merupakan kalimat yang menarik.

Jika Anda masih mengalami masalah dengan kesalahan ketik atau rasa asin, Anda dapat menggunakan pemeriksaan ejaan atau Google Documents. Namun yang terpenting, luangkan waktu untuk meneliti ide, fakta, dan konsep yang masih diragukan, dan jangan lupa untuk membaca ulang apa yang Anda tulis sebelum mengunggahnya ke blog Anda.

Baca juga: 10 template WordPress untuk blog mode

Judul yang tidak menarik

Selain gambar, judul dan headline yang tidak menarik juga dapat mempengaruhi traffic blog. Jika tidak, pembaca pasti akan menilai judul untuk memutuskan apakah mereka mengklik artikel tersebut. Namun, dalam banyak kasus, blogger pemula tidak menggunakan judul yang merangkum isi artikel.

Saat membuat judul, pastikan jumlah karakter tidak melebihi 65 karakter dan spasi agar tidak terpotong. Selain itu, arahkan judul agar komunikatif dan cukup spesifik sehingga calon pembaca dapat merasakan bahwa artikel tersebut ditujukan untuknya. Namun jangan lupa untuk memprioritaskan penggunaan kata kunci.

Buatlah judul sesingkat mungkin, tetapi tetap deskriptif. Biasanya, imbuhan jarang digunakan dalam judul. Sebaiknya jangan melebih-lebihkan judul dan sesuaikan agar sesuai dengan isi artikel. Jika Anda bisa menulis judul dalam 7 kata, Google membatasi judul maksimal 70 karakter, jadi Anda tidak harus menggunakan maksimal 10 kata.

Pengeditan tidak memadai

Struktur bahasa yang acak, kalimat yang tidak efektif, dan banyak kesalahan ketik adalah beberapa pengeditan buruk yang tidak boleh Anda salin. Setelah menulis artikel, Anda bisa meninggalkan artikel tersebut sebentar sambil mencari gambar yang cocok untuk artikel tersebut atau menyelesaikan artikel selanjutnya. Kemudian baca ulang dan edit teks Anda.

Hal ini dilakukan tidak hanya untuk fokus pada penggunaan tanda baca dan memperhatikan kesalahan ketik, tetapi juga untuk memungkinkan Anda memposisikan diri sebagai pembaca artikel. Jika Anda menemukan kalimat yang tidak logis atau sulit dipahami, segera perbaiki.

Baca juga: Niche yang berguna untuk situs Anda dan cara memonetisasinya

Kesimpulan

Selain memperhatikan tips blog untuk melihat kesalahan apa yang masih dilakukan blogger pemula, Anda juga harus berhati-hati saat memilih untuk menghosting blog Anda. Pastikan Anda menggunakan layanan hosting murah terbaik dari Dewaweb. Itu karena jika Anda memilih hosting yang salah, Google akan kesulitan menentukan peringkat situs web Anda di hasil pencarian dan bahkan mungkin kehilangan data Anda.

Oleh karena itu, tips blog dan artikel tentang berbagai kesalahan yang harus dihindari blogger pemula. Semua orang, termasuk blogger, membuat kesalahan. Menurut Anda apa kesalahan fatal paling umum yang dilakukan blogger pemula? Tinggalkan di komentar dan ayo! 

No comments for "Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Pemula"